ASSALAMMUALAIKUM.WR.WB
Hallo, ketemu lagi blog aku. Hari ini, aku akan membahas mengenai otomatisasi, yaitu dokumen, surat dan memo, cara membuat piagam peghargaan,brosur dan kalender dari ms.publisher,pengetikan simbol rumus pada kas kecil,serta yang terakhir sistematika laporan yang baik dan cara membuat daftar isi dan daftar pustaka.
Selamat Membaca ...
A. Pengertian dokumen
Dokumen adalah surat penting atau berharga yang sifatnya tertulis/tercetak yang mempunyai fungsi dan dipakai sebagai bukti.
B. Pembahasan Surat dan Memo
- Surat pada umumnya dikenal sebagai alat unuk menyampaikan berita secara tertulis antara seseorang atau lembaga dengan oranglain ataupun lembaga lain, baik atas nama pribadi maupun instansi atau perusahaan. Yang salah satu kelebihannya sebagai sarana untuk menyampaikan informasi yang dapat memberikan laporan,saran,menyampaikan pemikiran,pengambilan keputusan dan pernyataan panjang secara terperinci.
-Memo merupakan pesan ringkas, yakni pesan yang ditulis seseorang dengan singkat,jelas,dan mudah untuk dipahami. Memo ada yang bersifat resmi dan ada yang bersifat pribadi.
C. Cara membuat piagam penghargaan,brosur dan kalender
1. Piagam Penghargaan
-Buka microsoft publisher
-Pilih award sertificate, kemudian tentukan desain yang diinginkan
-Setelah mengatur semuanya, klik create
-Edit skema warna yang diinginkan klik>format color scheme
-Mengubah teks pada sertifikat
-Jika ingin menambah foto, klik sisipkan foto>foto untuk membuka panel clipart, lalu klik insert-picture-from file.
-Setelah mengedit semuanya, simpan dengan klik file>save as, dan bila ingin mencetak , klik file>print.
2. Brosur
-Buka microsoft publisher
-pilih brosur, dengan mengklik 2 kali
-Tentukan desain brosur dengan berbagi kategori informational dll
-Editlah brosur yang kamu buat
-Simpan dengan klik file>save as.
3. Kalender
-Buka microsoft publisher
-Pilih kalender. Disebelah kanan bagian bawah ada pilihan kalender 1 year dan 1 bulan.
-Bila ingin yang 1 year, atur tahunnya terlebih dahulu kemudian (create).
-Kalau mau menambahkan foto, klik insert>picture>from file.
-Bila yang 1 bulan 1 bulan, tentukan bulan awal,bulan akhir dan tahunnya lalu (create). Edit foto sesuai keinginan.
-Simpan file>save as. Bisa juga dalam bentuk foto.
D. Rumus untuk penjumlahan,pengurangan, dan perkalian dalam ms excel jika membuat laporan kas kecil
Rumus penjumlahan
Dalam penggunaan rumus penjumlahan dengan excel terdapat 2 pilihan , pertama menggunakan operator plus (+) dan yang kedua menggunakan fungsi SUM.
Contoh : Pada cell A2 masukkan angka 100 dan pada cell B2 masukkan angka 50 kemudian pada cell E2 menjadi =SUM(A2:B2) kemudian tekan ENTER, maka hasilnya akan sama.
Rumus Pengurangan
Disini,tidak ada fungsi atau formula khusus yang bisa digunakan. Untuk melakukan operasi penguranagan di Ms.Excel cukup menggunakan operator minus (-). Contoh : Pada cell A2 masukkan angka 150 dan pada cell B2, masukkan angka 50, kemudian pada cell C2 masukkan rumus =A2-B2 kemudian tekan ENTER hasilnya adalah 100.
Rumus perkalian
Ada 2 cara dalam perumusannya, menggunakan operator asteristik (*) dan menggunakan formula product. Contoh : pada cell A2 masukkan angka 100 pada cell B2 masukkan angka 5, Kemudian pada cell C2 masukkan rumus =A2*B2 kemudian ENTER hasilnya 500. Coba rumus C2 jadi =PRODUCT(A2:B2) maka hasilnya sama.
E. Sistematika yang baik dan cara mengetik daftar isi dan daftar pustaka
Sistemtika yang baik yaitu laporannya harus berurutan, jelas, singkat, benar dan mudah untuk dipahami. selain itu, harus berisi latar belakang penelitian, tujuan pengamatan dan kegunaan pengamatan.
-Daftar Isi
-Buka aplikasi Ms.Word, pastikan terdapat menu ruler. Kalau belum, akifkan dengna klik>view dan centang ruler.
-Memberi judul halaman dengan mengetik "daftar isi", letakkan ditengah halaman. Lalu, ketik isi yang akan ditulis dalam daftar isi misal "kata pengantar". Jika sudah, klik salah satu titik disepanjang area ruler berwarna putih hingga muncul garis L kecil dengan warna hitam (lakukan 2x).
-Setelah muncul ((L), klik 2x pada gambar. Lalu, "Leader", klik angka 2. Lalu, "tab stop position" dan "default tab stop" abaikan. Setelah itu, klik "set" lalu "ok".
-Jika semua sudah, akan berubah tanda L.
-Letakkan kursor "kata pengantar", tekan "tab" pada keyboard, tanda titik otomatis akan terketik sepanjang tanda L.
-Halaman dan bab 1 judul, letakkan kursor pada titik terakhir. Lalu tekan "tab".
-Semuanya bisa dilakukan dengan hal yang sama dilangkah 6 dan 7.
-Daftar pustaka
-Klik mnu "reference" , lalu "manage sources".
-Setelah memilih "manage sources", akan muncul kotak "source manager", klik "new". Sumber tulisan adalah buku, pilih "book".
-Pilih bahasa dengan bahasa Indonesia.
-Mengisis kelengkapan sumber, klik "add" jika lebih dari satu orang.
-Setelah itu, klik menu "ok", dan akan tersimpan secara otomatis.
-Setelah semua referensi dimasukkan, kli "close". Untuk menutup menu, "source manager".
-Lalu, klik menu references, lalu klik "bibliography" dan "insert bibliography".
Sekian pembahasan dari aku. Semoga dapat membantu. Wassalammualaikum.wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar